Modul Data Dasar Keluarga (DDK) merupakan modul yang berfungsi untuk menyimpan data yang berhubungan dengan Kepala Keluarga (KK), salah satu diantaranya yang paling berkaitan adalah data Anggota Keluarga (AK). Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa jika tidak ada data KK, maka semua data DDK tidak dapat dientri ke dalam sistem. Modul DDK dapat diaktifkan dengan cara sebagai berikut :
• Taruh kursor diatas menu DDK
• Dari daftar submenu yang muncul, Klik Entri Data
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar KK sebagai berikut :
Gambar 7.1 Daftar Kepala Keluarga.
Entri data KK dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik tombol KK Baru
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam bentuk Form sebagai berikut :
Gambar 7.2 Form Kepala Keluarga.
• Isi data semua kolom yang sudah tersedia mulai dari Kode Keluarga sampai dengan Sumber Data
- Tanda asterik merah menandakan kolom/field yang wajib diisi data
- Gunakan tombol Tab untuk pindah antar kolom, kecuali kolom Alamat dan Sumber Data
- Kolom Alamat dan Sumber Data dapat diperbesar atau diperkecil dengan cara :
• Klik dan tahan pojok kanan bawah
• Diseret sesuai dengan keinginan
• Setelah selesai dengan pengisian data di semua kolom, Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses entri data
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar KK dalam bentuk Grid sebagai berikut :
Gambar 7.3 Grid Daftar Kepala Keluarga dan Keterangannya.
• Jika menginginkan entri data KK Baru, ulangi proses entri data di atas secara berurutan
7.1.2 EDIT DATA KEPALA KELUARGA (KK)
Edit data KK yang sudah terdapat dalam sistem dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
(kolom KK) yang sebaris dengan data KK yang akan di-edit
• Selanjutnya sistem akan menampilkan data KK yang akan di-edit
• Perbaharui data di kolom yang diinginkan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman daftar KK
7.1.3 HAPUS DATA KEPALA KELUARGA (KK)
Hapus data KK yang sudah terdapat dalam sistem dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
(kolom KK) yang sebaris dengan data KK yang akan di-hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan data KK yang akan di-hapus
• Klik tombol Hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :
Gambar 7.4 Menu Konfirmasi.
• Klik tombol Oke
• Data KK akan terhapus dan sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
• Catatan : Jika menghapus data KK, maka data AK secara otomatis juga ikut terhapus dari basisdata.
Dalam halaman daftar KK tersebut di atas, di sebelah kiri terdapat kolom dengan nama AK, KK dan DDKyang berisi aikon dan di bagian atas terdapat tombol KK Baru, Kolom, Pengurutan, Cetak, XLS, danPengelompokan. Entri data Anggota Keluarga (AK) dapat dilakukan dengan dua cara yaitu klik aikon di kolom DDK atau klik aikon di kolom AK sebaris dengan data KK yang akan di-entri data AK-nya. Agar proses entri data AK lebih cepat maka sebaiknya menggunakan cara :
• Klik aikon
(kolom AK)
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam sebagai berikut :
Gambar 7.5 Grid Anggota Keluarga.
• Klik tombol AK Baru
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam sebagai berikut :
Gambar 7.6 Form Anggota Keluarga.
• Isi data semua kolom yang sudah tersedia mulai dari Tanggal sampai dengan Lembaga Ekonomi yang Diikuti
- Tanda asterik merah menandakan kolom/field yang wajib diisi data
- Gunakan tombol Tab untuk pindah antar kolom
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses entri data
• Selanjutnya sistem kembali menampilkan halaman daftar AK dalam bentuk Grid. Misalnya kita telah melakukan entri data AK lengkap untuk KK atas nama JAUHARI KAIMANA, maka halaman daftar AK yang ditampilkan adalah sebagai berikut :
Gambar 7.7 Grid Identitas Kepala Keluarga.
7.1.5 EDIT DATA ANGGOTA KELUARGA (AK)
Edit data AK dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data AK yang akan di-edit
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data AK yang akan di-edit
• Perbaharui data di kolom yang diinginkan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman daftar AK
7.1.6 HAPUS DATA ANGGOTA KELUARGA (AK)
Hapus data AK dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data AK yang akan di-hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data AK yang akan di-hapus
• Klik tombol Hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :
Gambar 7.8 Menu Konfirmasi.
• Klik tombol Oke
• Data AK akan terhapus dan sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
Karena keterbatasan layar monitor, maka data AK tidak dapat ditampilkan secara keseluruhan. Jika ingin melihat rincian data AK adalah dengan cara sebagai berikut:
• Klik aikon
sebaris dengan data AK yang ingin dilihat
• Selanjutnya sistem akan menampilkan rincian data AK sebagai berikut :
Gamar 7.9 Rincian Data Anggota Keluarga.
• Klik tombol Cetak untuk mencetak rincian data AK atau
• Klik tombol Kembali untuk kembali halaman sebelumnya (Daftar AK)
7.1.7 ENTRI KUESIONER DDK
Kuesioner DDK merupakan data yang diperoleh setelah melakukan survey di lapangan dan seluruhnya berhubungan langsung dengan Kepala Keluarga. Oleh karena itu untuk dapat meng-entri data kuesioner DDK terlebih dahulu harus melakukan entri data Kepala Keluarga. Entri data kuesioner DDK dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Letakkan kursor di menu DDK
• Dari Submenu yang muncul, pilih Entri Data
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut (misalnya sudah ada data Kepala Keluarga ) :
Gambar 7.10 Fitur-fitur dalam Grid Kepala Keluarga.
• Klik aikon
yang sebaris dengan Kepala Keluarga
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu pohon sebagai berikut :
Gambar 7.11 Menu Pohon Data Dasar Keluarga.
• Halaman awal tersebut diatas menunjukkan Kepala Keluarga yang akan di-entri data kuesioner DDK-nya dengan urutan isi menu pohon sesuai dengan urutan data dalam kuesioner DDK. Misalnya kita ingin meng-entri data penghasilan, maka :
• Klik Penghasilan (1.1 – 1.3)
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman grid data sebagai berikut :
Gambar 7.12 Grid Awal Kuesioner Penghasilan.
• Klik tombol Data Baru
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman form entri data sebagai berikut :
Gambar 7.13 Form Kuesioner Penghasilan.
• Kolom Tanggal secara otomatis terisi dengan tanggal saat ini tapi masih bisa diedit atau disesuaikan
• Isi kolom-kolom pertanyaan mulai dari Jumlah Penghasilan/Bulan sampai dengan Peserta BPJS/Jamkesnas/Jamkesda
• Setelah selesai entri data, klik tombol Simpan.
• Jika ingin mebatalkan proses entri data, klik tombol Batal
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman grid data sebagai berikut :
Gambar 7.14 Grid Kuesioner Penghasilan.
• Entri data harus dilakukan menggunakan tanggal yang berbeda dengan data yang sudah ada, jika tidak maka sistem akan menolak untuk menyimpannya. Jika diatur proses entri data dilakukan setiap setahun sekali, maka akan menghasilkan data riwayat penghasilan Kepala Keluarga per Tahun.
7.1.8 EDIT DATA KUESIONER DDK
Edit data penghasilan dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data yang akan di-edit
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman form data yang akan di-edit
• Perbaharui data di kolom yang diinginkan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
7.1.9 HAPUS DATA KUESIONER DDK
Hapus data penghasilan dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data yang akan di-hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman form data yang akan di-hapus
• Klik tombol Hapus
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :
Gambar 7.15 Menu Konfirmasi.
• Klik tombol Oke
• Data akan terhapus dan sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
7.1.10 MENYALIN SATU BARIS DATA (1 RECORD)
Menyalin satu baris data dapat dilakukan terhadap data yang sudah ada dalam basisdata terutama untuk data yang jumlah kolomnya banyak sedangkan perubahannya terjadi di beberapa kolom saja. Misalnya kita akan menyalin data tentang Pemanfaatan Air, Aset Rumah DLL seperti gambar di bawah ini :
Gambar 7.16 Grid Pemanfaatan Air, Aset Rumah DLL.
Dimana rincian datanya adalah sebagai berikut :
Gambar 7.17 Rincian Data Pemanfaatan Air, Aset Rumah DLL.
Untuk dapat menyalin data adalah dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon
yang sebaris dengan data yang akan di-salin
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman form data yang akan di-salin sebagai berikut ini :
Gambar 7.18 Form Pemanfaatan Air, Aset Rumah DLL.
• Perbaharui/ubah kolom Tanggal menjadi tanggal saat ini
• Perbaharui/ubah data di kolom-kolom yang mengalami perubahan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses salin data
• Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya, dimana data yang disalin sudah terdapat dalam basisdata seperti di bawah ini
Gambar 7.19 Grid Pemanfaatan Air, Aset Rumah DLL Hasil Penyalinan.
7.1.11 MUTASI KELUAR ANGGOTA KELUARGA
Mutasi keluar AK adalah proses dimana terdapat satu orang AK yang meninggal dunia atau pindah alamat. Proses mutasi keluar AK dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Letakkan kursor di Mutasi è Keluar Desa/Kelurahan
• Pilih submenu AK Pindah atau Meninggal seperti gambar di bawah ini
Gambar 7.20 Menu Mutasi Keluar AK.
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar AK seperti berikut ini :
Gambar 7.21 Grid Daftar AK untuk Proses Mutasi Keluar.
Pilih AK yang akan dimutasikan dengan cara :
• Klik aikon
yang sebaris dengan AK yang akan dimutasi, misalnya YAHYA DIRGANTARA
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
Gambar 7.22 Form Mutasi AK Meninggal Dunia.
• Pilih Jenis Mutasi dengan cara klik tombol radio yang sesuai
• Jika jenis mutasi adalah Meninggal Dunia, maka langkah selanjutnya adalah memilih penyebab kematian dengan cara klik tombol radio yang sesuai.
- Klik tombol Proses untuk melakukan mutasi AK
- Setelah langkah diatas, maka secara otomatis data AK tidak ditampilkan dalam basisdata
• Jika Jika jenis mutasi adalah Pindah Alamat, maka sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
Gambar 7.23 Form Mutasi AK Pindah Alamat.
• Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang menjadi tujuan kepindahan AK
• Klik tombol Proses untuk melakukan mutasi AK
• Setelah langkah diatas, maka secara otomatis data AK dipindahkan ke desa/kelurahan tujuan dan tidak ditampilkan dalam daftar AK desa/kelurahan asal mutasi
• Di desa/kelurahan tujuan data AK hanya ditampilkan dalam daftar mutasi masuk data AK
• Agar data AK dapat ditampilkan dalam daftar AK desa/kelurahan tujuan, maka desa/kelurahan tujuan harus melakukan Mutasi è Masuk Desa/Kelurahan è Proses Mutasi AK
7.1.12 MUTASI KELUAR KEPALA KELUARGA
Mutasi keluar KK adalah sebuah proses dimana KK dan seluruh anggotanya pindah alamat. Proses mutasi keluar KK dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Letakkan kursor di Mutasi è Keluar Desa/Kelurahan
• Pilih submenu KK Pindah Alamat seperti gambar di bawah ini
Gambar 7.24 Menu Mutasi Keluar KK.
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar KK seperti berikut ini :
Gambar 7.25 Grid Daftar KK untuk Proses Mutasi Keluar.
Pilih KK yang akan dimutasikan dengan cara :
• Klik aikon
yang sebaris dengan KK yang akan dimutasi, misalnya JAUHARI KAIMANA
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
Gambar 7.26 Form Mutasi KK Pindah Alamat
• Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang menjadi tujuan kepindahan KK
• Kode Keluarga Sementara secara otomatis muncul jika kita klik Desa/Kelurahan Tujuan
• Isi Alamat Lengkap Tujuan, RW Tujuan dan RT Tujuan
• Klik tombol Proses untuk melakukan mutasi KK
• Setelah langkah diatas, maka secara otomatis data KK dipindahkan ke desa/kelurahan tujuan dan tidak ditampilkan dalam daftar KK desa/kelurahan asal mutasi
• Di desa/kelurahan tujuan data AK hanya ditampilkan dalam daftar mutasi masuk data KK
• Agar data KK dapat ditampilkan dalam daftar KK desa/kelurahan tujuan, maka desa/kelurahan tujuan harus melakukan Mutasi è Masuk Desa/Kelurahan è Proses Mutasi KK
7.1.13 KK DAN ANGGOTA KELUARGA
KK dan Anggota Keluarga adalah bentuk lain penyajian data kependudukan yang merupakan gabungan antara data KK dan AK dalam bentuk grid. Fasilitas ini diberikan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan peng-editan data KK dan AK yang sudah terdapat dalam basisdata. Disamping itu fasilitas lain yang terdapat didalamnya adalah pengaturan Kolom, Pengurutan data, ekspor data ke Microsoft Excel (XLS), Cetak data ke printer, pembuatan laporan rekapitulasi (Pengelompokan), navigasi halaman dan baris halaman serta Pencarian Cepat. Untuk dapat memanfaat fasilitas tersebut silahkan baca bab FITUR SISTEM. Bentuk grid KK dan Anggota Keluarga adalah sebagai berikut :
Gambar 7.27 Grid KK dan Anggota Keluarga.
7.1.14 LAPORAN DATA DASAR KELUARGA
Data Dasar Keluarga yang telah di-entri dan tersimpan dalam basisdata dapat dibuat laporan rekapitulasinya dan tatacara pembuatannya silahkan baca bab FITUR SISTEM. Adapun daftar laporan yang terdapat dalam sistem ini rinciannya adalah sebagai berikut :
No
|
Nama Menu
|
Sub Menu
|
Sub-Sub Menu
|
Jenis Laporan
|
1
|
D D K
|
Entri Data
|
Rekapitulasi jumlah KK per RW/RT dan per Dusun
| |
KK dan Anggota Keluarga
|
Rekapitulasi jumlah penduduk per RW/RT, per Dusun dan per Usia
| |||
Laporan Kepala Keluarga
|
Kesejahteraan Keluarga
|
Rekapitulasi jumlah KK yang mendapatkan Beras Miskin, BLT/BLSM dan Peserta BPJS/Jamkesnas
| ||
Kondisi Fisik Rumah
|
Rekapitulasi kondisi fisik rumah KK berdasarkan jenis atap, dinding dan lantai
| |||
Kualitas Ibu Hamil dan Bayi
|
Rekapitulasi jumlah KK yang pernah memiliki Ibu Hamil, Bayi serta jenis-jenis penanganannya
| |||
Laporan Anggota Keluarga
|
Kelompok Umur
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - kelompok umur
| ||
Kondisi Fisik
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - kondisi fisik
| |||
Kondisi Kejiwaan
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - kondisi kejiwaan
| |||
Golongan Darah
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - golongan darah
| |||
Hubungan Keluarga
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - hubungan keluarga
| |||
Kontrasepsi KB
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - penggunaan kontrasepsi KB
| |||
Mata Pencaharian
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - mata pencaharian
| |||
Pendidikan
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - pendidikan
| |||
Status Perkawinan
|
Rekapitulasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - satus perkawinan
| |||
Tingkat Kelahiran
|
Grafik tingkat kelahiran penduduk per tahun dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
| |||
2
|
Mutasi
|
Laporan
|
Mutasi Keluar
|
Laporan Penduduk/Kepala Keluarga yang pindah alamat keluar Desa/Kelurahan
|
Mutasi Masuk
|
Laporan Penduduk/Kepala Keluarga yang pindah alamat masuk ke Desa/Kelurahan
|
Misalnya kita ingin membuat laporan dari KK dan Anggota Keluarga yaitu dengan cara :
Gambar 7.28 Grid Pembuatan Laporan KK dan Anggota Keluarga.
• Klik tombol Pengelompokan
• Selanjutnya sistem akan menampilkan opsi pengelompokan
• Pilih jenis pengelompokannya
• Klik tombol Oke
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dengan tambahan tombol Rekapitulasi
• Klik tombol Rekapitulasi untuk melihat laporan
• Jika menginginkan dicetak di printer klik tombol Cetak
• Jika menginginkan diekspor ke file Microsoft Excel, klik tombol XLS
7.2 PEMBAHARUAN DATA POTENSI DAN PERKEMBANGAN
Pembaharuan data Potensi dan Tingkat Perkembangan hanya dapat dilakukan jika dan hanya entri data DDK sudah mencapai 100 %. Dengan adanya fasilitas ini maka kuesioner Potensi dan Tingkat Perkembangan yang berhubungan dengan DDK tidak perlu lagi di-entri secara manual, tetapi dapat dilakukan secara otomatis. Pengguna dapat melakukan pembaharuan secara keseluruhan atau per bagian sesuai kebutuhan dengan cara memilih ceklis. Untuk melakukan pembaharuan data dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Letakkan kursor di Menu DDK
• Klik Pembaharuan Data
• Setelah itu sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
Gambar 7.29 Antarmuka Pembaharuan Data Potensi dan Tingkat Perkembangan.
• Pilih/klik semua ceklis atau bagian data Potensi dan Tingkat Perkembangan yang akan diperbaharui
• Klik tombol Proses Pembaharuan
• Secara otomatis data Potensi dan Tingkat Perkembangan akan terisi dengan Tanggal yang sesuai dengan tanggal dilakukannya proses pembaharuan
Sumber
Sumber